Sabtu, 12 Mei 2018

TK Pertiwi Sumbergedong Dalam Acara Hari Anak Nasional



Caping Gunung Indonesia - Kemarin hari 11 Mei ada sebuah acara akbar di pusat kota Trenggalek tepatnya di Alun-alun kota. Acara pada hari itu adalah acara untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN). ada serangkaian acar dimulai dari anak-anak mengikuti senam,kemudian pembacaan buku cerita dilanjutkan Senam oleh para guru TK dan PAUD se-Kabupaten Trenggalek.

TK Pertiwi Sumbergedong pun juga tak mau ketinggal dalam acara besar ini. P.Regan Subiyanto selaku kepala sekolah mengikutsertakan anak didiknya untuk mengikuti acara tersebut. apa sih makna dan tujuan dari adanya Hari Anak Nasional ini?. Berikut ulasannya

Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, sementara Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November. Di Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Hari Anak Sedunia merupakan hari untuk merayakan dan mempromosikan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia. Tujuannya untuk menghargai serta menghormati hak-hak yang harus diterima oleh seorang anak.

 
 
Hari anak internasional dilaksanakan di tanggal yang berbeda-beda di berbagai negara di seluruh dunia. Setiap negara mempunyai tanggal penetapan sendiri untuk memperingati momentum peringatan hari anak secara nasional. Di Indonesia sendiri setiap tahun merayakan Hari Anak Nasional (HAN). Peringatan HAN di Indonesia bermula dari sebuah gagasan untuk mewujudkan kesejahteraan anak. HAN di Indonesia diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984. Peringatan HAN menjadi momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa membeda-bedakan atau diskriminatif, memberikan yang terbaik untuk anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup dan tumbuh kembangnya. Peringatan HAN juga untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran anak akan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya kepada orang tua, masyarakat, serta kepada bangsa dan negara.

Setiap negara memiliki cara sendiri-sendiri dalam menyambut Hari Anak Internasional ini. Perayaan Hari Anak Internasional di Korea diadakan di Mangyongdae School of Children’s Palace di Pyongyang. Anak-anak berparade menggunakan kostum. Arak-arakan dengan kostum dan dirias seperti badut di Mongolia. Di Jepang, pada keluarga dengan anak laki-laki, dirayakan dengan memberikan layang-layang berbentuk ikan. Di Afrika, untuk menyambut Hari Anak Internasional, ada festival khusus untuk anak-anak yang digelar selama 1 bulan. Di Kamboja, Hari Anak dirayakan dengan berbagai aksi dan penampilan dari anak. Di Praha, Republik Ceko Hari Anak dirayakan dengan membuat semacam drama. 
 
Sedangkan di Indonesia sendiri sejumlah siswa tingkat SD dan SMP di Bandung, Jawa Barat sempat memperingati Hari Anak Internasional dengan melakukan napak tilas Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955 mulai dari tugu Nol Km hingga Gedung Merdeka. Selain napak tilas, para siswa juara itu juga mengeluarkan pernyataan terkait hari anak serta membacakan Deklarasi Hak-hak Anak. Berbagai perayaan menyambut Hari Anak Internasional ini kesemuanya bermuara pada satu tujuan, yakni ingin menghormati hak-hak anak.
#nurul_cgo.
 

0 comments:

Posting Komentar

Kembali ke atas

Entri Acak

Otomotif _______________________

B o l a _________________________

Zona Anak _____________________

Games dan Anime

Serba-serbi ____________________

Translate