Kamis, 11 Januari 2018

Kelezatan Dan Manfaat Ikan Untuk Anak


 


 
Caping Gunung Indonesia - Siapa sih yang tidak suka dengan hidangan olahan ikan? Produk hewani dari laut ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan dapat diolah dengan teknik memasak apapun. Buat Anda yang memiliki anak, ada baiknya Anda membiasakan si kecil suka makan ikan dengan menyisipkannya di dalam menu lauk-pauk kesukaannya. Lebih bagus lagi jika Anda sudah membekalinya dengan segala kebaikan ikan semenjak ia berada di dalam kandungan? Kenapa begitu pentingnya memperkenalkan ikan di dalam kehidupan anak? Well, itu karena ternyata ikan sangat bermanfaat untuk membentuk kecerdasan anak. Hmmm apa saja nih manfaat ikan untuk kecerdasan anak?

Asam lemak omega 3 adalah sejenis asam lemak yang ada di balik manfaat ikan untuk kecerdasan anak. Lemak omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk membantu merawat sel-sel otak agar tetap sehat. Jaringan dan sel-sel otak yang sehat akan meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan informasi. Itu berarti daya tangkap serta daya mengingat anak pun akan menjadi lebih optimal sehingga anak bisa menangkap materi pembelajaran dengan baik.

Tak hanya itu saja, Moms. Konsumsi ikan yang cukup pada anak dapat membantu mencegah atau memperingan gejala gangguan fungsi otak seperti dyslexia atau ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder). Sistem kardiovaskular anak juga jauh lebih sehat dibandingkan dengan anak yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsi ikan. Lemak Omega 3 membantu merawat organ jantung sehingga si kecil dapat terhindar dari serangan jantung.

Selain lemak omega 3, ikan juga kaya akan kandungan protein tinggi yang berperan terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh anak. Protein hewani dari ikan juga membantu mempercepat proses pemulihan jaringan dan sel-sel tubuh yang rusak. Pertumbuhan otot dan tulang anak pun akan jadi lebih kuat dengan asupan protein ikan yang cukup.

Jenis ikan yang diketahui memiliki kadar asam lemak omega 3 dan protein yang tinggi adalah ikan-ikan laut berukuran sedang, seperti ikan salmon dan ikan tuna. Akan tetapi, jangan sampai pemberian ikan untuk anak-anak terlalu berlebihan ya, Moms. Penyebabnya adalah karena hampir semua jenis ikan laut pasti memiliki kadar polutan merkuri di dalam tubuhnya. Merkuri dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan menjadi masalah dan dapat dengan mudah dinetralisir oleh tubuh.Tapi kadar merkuri yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan anak terkena keracunan merkuri.

Manfaat ikan untuk kecerdasan anak ternyata memang benar adanya. Hanya saja, jangan sampai terlalu berlebihan ya, Moms. 


0 comments:

Posting Komentar

Kembali ke atas

Entri Acak

Otomotif _______________________

B o l a _________________________

Zona Anak _____________________

Games dan Anime

Serba-serbi ____________________

Translate