Kamis, 20 Agustus 2015

Semarak Festival Layang Layang Sebagai Pengingat Permainan Tradisional

Semarak Festival Layang Layang Sebagai Pengingat Permainan Tradisional

Layang-layang dibentuk dan dihias beragam corak budaya khas Banyuwangi, seperti mahkota penari gandrung, tradisi kebo-keboan, penari seblang, hingga barong.
Caping Gunung Indonesia- Banyuwangi - Festival Layang-layang yang digelar di Pantai Boom, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (15/8/2015), bertujuan sebagai pengingat.

"Ini menjadi pengingat pada masyarakat, terutama anak-anak, yang kini mulai melupakan permainan tradisional dan beralih pada gadget," kata Bupati Abdullah Azwar Anas.

Banyak filosofi yang didapat dari permainan ini. Mulai dari semangat kebersamaan dan mengasah kreativitas. "Ini sebagai ruang alternatif bagi anak-anak, biar nggak main games terus," kata Anas.

Menurut Anas, dengan bermain layang-layang, otomatis adrenalin dalam tubuh meningkat. Dampaknya, ini mampu memicu tumbuhnya spirit dan kreativitas.

Ragam khas corak budaya dalam layang-layang, kata Anas, merupakan corak budaya hasil kreasi warga yang kelak bisa dijadikan cinderamata khas Pantai Boom Banyuwangi. Melihat antusias warga yang terlibat dalam acara ini, Bupati akan menjadikan festival ini sebagai agenda tahunan.

"Ini sudah menjadi tradisi masyarakat, karena tradisi maka kegiatannya tidak mahal, tapi melibatkan banyak orang. Selain itu, sesuai potensi geografis Banyuwangi yang garis pantainya sangat panjang, cocok untuk festival semacam ini. Tinggal dikreasikan, jadinya menarik kan?" katanya.#yunia_cgo

Sumber, Berita Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

Kembali ke atas

Entri Acak

Otomotif _______________________

B o l a _________________________

Zona Anak _____________________

Games dan Anime

Serba-serbi ____________________

Translate