Senin, 02 Maret 2015

Manfaat Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih

Caping Gunung Indonesia - Minum air putih yang disarankan sekitar 2-3 liter per hari. Air putih yang dikonsumsi secara cukup dapat memberikan pengaruh luar biasa pada tubuh. Jika sampai tubuhkekurangan cairan ada banyak gangguan kesehatan yang mungkin dirasakan seperti dehidrasi, bibir pecah-pecah, hingga bermasalah pada ginjal.

Untuk menggugah semangat Anda mengonsumsi air putih dengan cukup, perhatikan manfaat istimewa berikut ini seperti dikutip dari Care2:

  1. Air membantu memaksimalkan kerja tubuh. Selama tubuh terhidrasi maka tubuh seseorang menjadi lebih siap untuk beraktivitas. Tubuh tidak mudah lelah dan mudah untuk melakukan aktivitas yang memerlukan tenaga lebih banyak. Kekurangan cairan tubuh 2 persen saja, sudah mampu membuat seseorang hilang konsentrasi. Air dalam tubuh dapat hilang karena faktor gerakan fisik, keringat, hingga bernapas.
  2. Air meningkatkan energi dan memaksimalkan fungsi otak. Sebuah studi menyatakan jika seseorang kekurangan cairan sebesar 1,36 persen dimungkinkan mengalami sakit kepala, perubahan suasana hati lebih buruk, dan bermasalah dengan konsentrasi. Jika kehilangan cairan 1,59 persen, terdapat pengaruh pada penurunan kemampuan mengingat. Seseorang juga menjadi mudah cemas dan kelelahan.
  3. Minum air mengobati sakit kepala. Sakit kepala adalah sebuah gejala dari gangguan tubuh. Dehidrasi turut memicu sakit kepala ini. Minum air putih secara cukup bisa meringankan sakit kepala jika penyebabnya dehidrasi.
  4. Mengatasi sembelit. Kadang sembelit disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh yang membuat tinja menjadi keras. Minum air akan mencegah sekaligus meringankan masalah sembelit.
  5. Mencegah batu ginjal. Salah satu penyebab terbentuknya batu ginjal adalah asupan air yang sangat sedikit. Konsentrasi mineral yang tinggi dan tidak segera dibuang lewat urin, menyebabkan terjadinya penumpukan mineral tertentu di ginjal atau saluran kemih. Mineral ini lantas menyatu dan memadat menjadi batu ginjal. Minum cukup air dan tidak menahan buang air kecil dapat mencegah pembentukan batu tersebut.#nurkofiah_cgo

Sumber, Berita Indonesia


Kembali ke atas

Entri Acak

Otomotif _______________________

B o l a _________________________

Zona Anak _____________________

Games dan Anime

Serba-serbi ____________________

Translate