Senin, 02 Maret 2015

Batu Lumut Suliki Menjadi Favorit Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Dijadikan Koleksi Mencapai 100 Akik

Batu Lumut Suliki Menjadi Favorit Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Dijadikan Koleksi  Mencapai 100 Akik


Caping Gunung Indonesia - Di Indonesia kini sedang dilanda demam koleksi batu akik. Kalangan tua dan muda ikut gandrung menggemari batu mulia ini. Salah satu yang terkena imbas fenomena ini adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Politisi Gerindra itu mengaku mulai menyukai batu akik sejak enam bulan lalu. Sekarang, koleksinya sudah sekitar 100 batu mulai dari Aceh, Sumatera Barat, hingga Maluku.

"Baru-baru ini. Sudah enam bulan kira-kira. Koleksi batu-batu nusantara. Saya kumpulin mulai dari Aceh, Maluku, Padang, Garut. Mulai dari (jenis) Bacan, Lumut Suliki, Sungai Dareh, terus Red Borneo, Pancawarna Edong," kata Fadli seraya tersenyum di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Namun, soal harga kolekci batu akik, Fadli enggan membeberkannya. Dia menyebut setiap cincin yang dibeli masih 'murah' karena tidak sampai Rp 100 juta per batu. Tapi, ada juga koleksi cincin batu akik yang bukan dari kantong pribadinya melainkan pemberian orang lain.

"Ah, mana ada ratusan juta? Enggak lah. Biasa-biasa saja. Murah-murah lah. Ini edong dari Garut. Warnanya hijau ohen, agak unik," ujarnya sambil menunjukan cincin di jemari tangan kanannya.

Jenis batu mulia yang digemari Fadli berasal dari kampung halamannya Sumatera Barat yaitu Lumut Suliki. Batu ini menurutnya sudah dikenal internasional dan punya ciri khas yang unik dan berbeda.

"Hebat tuh batu. Kalau kita kasih senter ada gambar, lukisan, bagus-bagus sekali lah," sebut Waketum Gerindra itu.

Fadli bahkan tidak sungkan mengatakan kalau kegandrungan batu akik ini berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Hal ini terbukti dengan bermunculan pameran-pameran hingga perlombaan batu akik yang tersebar di berbagai kota.

"Batu nusantara ini saya kira luar biasa. Mungkin kalau ada demam batu akik saya termasuk yang jadi ikut. Tapi, saya harus apresiasi memang karena bagus, dan saya kira dampak bagi masyarakat itu juga bagus. Ekonomi masyarakat, UMKM juga ikut. Bahkan sudah mulai tumbuh, dan sudah ada perlombaan-perlombaannya," tuturnya.

Dia pun rencananya akan mengajak Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto agar juga 'doyan' koleksi batu akik. Saat ini, mantan Danjen Kopassus itu menurutnya belum gemar mengoleksi."Pak Prabowo belum. Nanti saya ajak lah," sebutnya.#irwan_cgo

Sumber, Berita Indonesia

Kembali ke atas

Entri Acak

Otomotif _______________________

B o l a _________________________

Zona Anak _____________________

Games dan Anime

Serba-serbi ____________________

Translate